Service AC Bintara Jaya – Hati-hati saat panggil tukang service AC abal-abal karena hal-hal berikut bisa saja Anda alami! Memang mencari jasa service AC tidaklah sulit di mana setiap area pasti ada tukang panggilan.
Namun tidak semuanya bisa bekerja secara profesional karena bisa melakukan penipuan yang merugikan konsumen. Penting mengetahui seperti apa modus penipuan tersebut agar bisa menghindarinya.
Contoh Modus Tukang Service AC Bintara Jaya Abal-abal
-
Sengaja membocorkan freon
Sangat umum dalam pembersihan AC akan dilakukan pencucian untuk menghilangkan debu dan kotoran. Tapi sebaiknya Anda perlu berhati-hati jika tiba-tiba tukang/jasa service tersebut mengatakan bahwa freon-nya sudah habis. Karena bisa saja ada teknisi nakal yang mengincar biaya pengisian freon dan mematok harga terlalu tinggi.
Harus diingat bahwa freon tidak habis jika tidak terjadi kebocoran dan jika kurang bisa ditebak menggunakan alat pengecek tekanan freon. Teknisi nakal akan membiarkan katup freon terbuka secara diam-diam supaya freon bocor dan akhirnya mau tidak mau Anda perlu mengisinya kembali.
-
Merusak AC
Saat menggunakan jasa service AC Bintara Jaya berkualitas akan menggunakan cover penutup plastik. Tujuannya untuk mencegah air keluar membasahi ruangan serta agar komponen di dalam AC tidak terkena air. Namun ada teknisi nakal yang tidak ingin keluar modal sehingga tidak menggunakan cover penutup.
Menutup kemungkinan saat AC dibersihkan maka air tersebut bisa menyemprot ke sparepart elektronik yang tidak anti air. Hal ini bisa membuat AC mati total karena komponen yang rusak. Jika teknisi tidak bertanggung jawab maka mereka akan menyalahkan produk bahwa telah rusak sebelum dicuci.
-
Menukar komponen dengan kualitas jelek
Teknisi tidak bertanggung jawab juga sering melakukan penggantian komponen walaupun masih berfungsi dengan baik. Hal ini bertujuan agar mereka bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan komponen baru. Bahkan tidak menutup kemungkinan komponen baru tersebut memiliki kualitas buruk.
Jika teknisi nakal melakukan modus ini biasanya tidak memberikan bukti kerusakan komponen dan tidak menunjukkan komponen telah diganti dengan yang baru. Sebagai konsumen yang cerdas penting untuk mencari informasi mengenai komponen yang berkualitas seperti apa Dan jangan lupa meminta bukti.
-
Tidak melakukan pekerjaan dengan maksimal
Jika sembarangan dalam memilih teknisi maka penyedia jasa berpotensi untuk bekerja secara asal-asalan. Jadi mereka tidak membersihkan unit AC secara maksimal dan meninggalkan masalah yang seharusnya diselesaikan. Jika mengalami penipuan ini AC akan mengalami masalah setelah diservice.
Bahkan teknisi nakal tidak akan memberikan informasi lengkap mengenai pekerjaan yang dilakukan Dan apakah sudah selesai atau tidak. Penting untuk melakukan pengecekan pada saat teknisi selesai bekerja dan harus dikontrol. Inilah pentingnya menggunakan service AC Bintara Jaya terpercaya.
-
Melebih-lebihkan pemakaian material dan jasa
Jika komponen AC mengalami kerusakan dan harus diganti maka teknisi tidak bertanggung jawab akan bermain. Biasanya mereka akan melebih-lebihkan pemakaian material misalnya harus mengganti pipa hanya ukuran 5 meter tetapi mengatakan kepada konsumen pipa yang digunakan sampai 10 meter.
Jadi konsumen harus membayar lebih dan membuat biaya perbaikan menjadi membengkak. Penting untuk meminta bukti pembelian pipa dan mengecek apakah pipa yang digunakan memang sesuai kebutuhan atau tidak. Wajib untuk mengecek harga agar harga tidak buat mahal.
-
Tidak ahli
Penting perhatikan kualitas teknisi agar bisa bekerja maksimal. Terkadang ada teknisi yang tidak ahli dan memaksakan bekerja sehingga membuat ac semakin rusak. Misalnya pada saat pengisian freon maka jika sembarangan bisa membuat freon diisi terlalu over dan memberikan efek buruk terhadap kompresor.
Kompresor menjadi berat sehingga AC menjadi cepat rusak. Padahal saat pengisian freon harus dilakukan pengecekan berdasarkan tekanannya untuk hasil yang tepat. Jadi pengisiannya tidak boleh dengan menebak apakah sudah cukup atau belum. Semakin tinggi jam terbang teknisi maka semakin ahli di bidangnya.
Cara Menghindari Modus Penipuan Dari Teknisi
-
Wajib memilih yang terpercaya
Agar bisa menghindari teknisi nakal maka wajib memilih penyedia jasa yang terpercaya. Untuk bisa menemukannya maka harus melihat apakah reputasi perusahaan baik atau tidak. Penting untuk membaca ulasan dari pelanggan karena menggambarkan kualitas yang ditawarkan apakah positif atau tidak.
Hindarilah menggunakan tukang/teknisi tanpa referensi yang tidak memiliki sertifikasi atau tidak jelas identitasnya. Karena sulit untuk menilai apakah bisa bekerja secara profesional atau tidak. Walaupun jasa ini sudah banyak tersedia tetapi tidak semuanya mampu bekerja dengan jujur dan baik.
-
Mencari informasi harga pasaran
Sebelum memanggil teknisi penting untuk menggali informasi mengenai harga pasaran service. Walaupun harga service AC Bintara Jaya ekonomis tetapi setiap penyedia jasa menawarkan harga yang berbeda. Penting melakukan riset mengenai harga yang wajar di pasaran untuk layanan dan beberapa sparepart AC.
Langkah ini bisa membantu dalam mempersiapkan dana sekaligus mengevaluasi apakah harganya terlalu mahal atau tidak. Jika dirasa mahal maka bisa mencari penyedia jasa lain atau melakukan tawar-menawar. Jadi bisa menghindari dari teknisi nakal yang senang meninggikan harga.
-
Memeriksa dengan teliti
Ketika teknisi mengatakan harus ada penggantian komponen atau layanan tambahan maka harus memeriksa secara teliti sebelum menyetujuinya. Penting untuk meminta teknisi menjelaskan secara rinci masalah yang ditemukan beserta buktinya. Inilah pentingnya memahami dasar-dasar AC agar tahu apakah ada kerusakan atau tidak.
Jangan sampai Anda menyetujui penggantian komponen padahal masih bisa bekerja secara maksimal. Karena tidak menutup kemungkinan komponen yang diganti kualitasnya lebih buruk dari komponen asli. Hal Ini bisa memberikan pengaruh terhadap kinerja AC yang menjadi tidak maksimal.
-
Meminta garansi dan nota
Jangan lupa untuk selalu meminta nota setelah perbaikan/ service selesai dilakukan dan pastikan nota tersebut memuat info secara terperinci. Misalnya dari biaya tukang servicenya dan komponen apa saja yang diganti. Hal ini akan memudahkan memastikan tukang tersebut tidak sengaja ketok harga jadi lebih tinggi atau melakukan hal yang tidak diminta.
Selain itu juga Anda sebaiknya menanyakan dan meminta soal garansi perbaikan. Karena biasanya jasa service yang benar akan memberikan garansi selama beberapa hari atau 1 minggu walau telah perbaikan selesai dilakukan.
-
Langganan di tukang service yang sudah terbukti terpercaya
Jika sudah menemukan teknisi yang memang terbukti bekerja secara profesional dan hasil kerjanya tidak mengecewakan maka harus berlangganan dengan teknisi itu saja. Hal ini bisa mengurangi risiko penipuan dari teknisi baru yang belum diuji kualitasnya. Teknisi yang sudah familier biasanya bekerja lebih jujur.
Inilah pentingnya untuk tidak sembarangan dalam memilih teknisi karena tidak semuanya bekerja secara jujur dan profesional. Jangan lupa pula untuk mengedukasi diri sendiri agar tidak mudah ditipu karena tahu komponen mana yang mengalami kerusakan.
Dan ingin cari jasa service panggilan yang NO abal-abal? Anda bisa mengandalkan kami dari NGADEMIN. Karena kami adalah jasa service AC Bintara Jaya yang sudah ahli di bidang perbaikan dan perawatan air conditioner. Dengan pengalaman kami yang sudah buka lama selama bertahun-tahun, Anda tidak perlu merasa takut dirugikan. Hubungi kami sekarang di 0878 19999 896 atau email ke hi@ngademin.co.id, area layanan kami di Bekasi, Jawa Barat.